Selasa, 01 Mei 2018

STATISTIK dan SAHABAT DATA

Survei PMTB, Investasi Tercatat, Ekonomi Menguat

Rencana Kerja Pemerintah tahun 2018, bertema “Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan”, tema tersebut merupakan skala prioritas pada arah pembangunan nasional. Hal ini sejalan dengan rumusan Nawa Cita yang tertulis diantaranya: nawacita ke-(3) membangun Indonesia dari pinggiran, ke-(6) membangun produktivitas dan daya saing, ke-(7) Mewujudkan kemandirian ekonomi. Terkait dengan rencana kerja dan rumusan tersebut Pemerintah memerlukan data dan analisis yang akurat guna mendukung proses perumusan kebijakan yang lebih baik melalui pemetaan infrastruktur dan barang modal untuk mendukung terlaksananya tujuan pembangunan nasional.
Presiden sangat memahami dan perhatian terhadap data BPS. Presiden Joko Widodo menegaskan agar perencanaan pembangunan ‎dirumuskan dengan lebih fokus serta mengedepankan skala prioritas. Fokus Pemerintah tahun 2018 adalah Ekspor dan Investasi. Terkait investasi, tertuang dalam salah satu diantara 10 prioritas pembangunan Nasional urutan keempat adalah “Pengembangan Dunia Usaha dan Pariwisata” dengan salah satu programnya adalah “Perbaikan Iklim Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja”. Kegiatan prioritasnya adalah ketersediaan data PMTB (Pembentukan Modal Tetap Bruto) yang telah di disagregasi berdasarkan institusi (pemerintah, swasta, dan BUMN/BUMD) dan berdasarkan industri yang terdiri dari 17 kategori lapangan usaha.
Survei Disagregasi PMTB
Dalam rangka mendukung program prioritas pemerintah tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan kementerian PPN (Bappenas), pada tahun 2018 ini menyelenggarakan kegiatan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB yang dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia, tidak terkecuali Provinsi Jawa Tengah. Pendataan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB ini adalah untuk mewujudkan ketersediaan data disagregasi matrik PMTB, melalui pemetaan pembangunan dan perbaikan infrastruktur, nilai investasi kegiatan eksplorasi, izin penggalian, dsb, serta pembentukan barang modal menurut wilayah. Kegiatan ini berkoordinasi dengan dinas-dinas, responden seperti perusahaan nonprofit dan rumah tangga.
Konsep PMTB adalah pengeluaran untuk barang modal yang mempunyai umur pemakaian lebih dari satu tahun dan bukan merupakan barang konsumsi. PMTB mencakup bangunan tempat tinggal dan bukan tempat tinggal, bangunan lain seperti jalan dan bandara, serta mesin dan peralatan. Pengeluaran barang modal sendiri, untuk keperluan militer tidak dicakup dalam rincian ini tetapi digolongkan sebagai konsumsi pemerintah. PMTB merupakan komponen penyumbang pertumbuhan ekonomi dan memberikan gambaran besar akan nilai investasi. Singkatnya, penambahan dan pengurangan pada suatu unit produksi dalam kurun waktu tertentu.
Survei Penyusunan Disagregasi PMTB dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan pemerintah dalam pengalokasian anggaran sesuai target pertumbuhan yang hendak dicapai. Selain itu survei ini diharapkan dapat diperoleh data indikator untuk menunjang penghitungan PMTB bangunan menurut jenisnya, memperoleh data PMTB pemerintah yang bersumber dari APBN/APBD menurut jenis barang, memperoleh indikator untuk penghitungan usia pakai menurut jenis dan industri, dan menjadi sumber data untuk penghitungan stok kapital. Seluruh sektor institusi akan tercakup dalam kegiatan survei, mulai dari rumah tangga, pemerintah, perusahaan, hingga lembaga non-profit. Sekitar 37 ribu sampel akan diambil di seluruh Indonesia dan lebih dari 2.500 sampel berada di Jawa Tengah. Kegiatan pencacahan akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada Bulan April hingga Juni 2018. BPS Kabupaten/Kota dan Provinsi Jawa Tengah secara intens melaksanakan kegiatan sosialisasi baik formal maupun informal, untuk menyampaikan pelaksanaan kegiatan survei PMTB ini, diharapkan masyarakat (responden) memahami akan pentingnya survei ini, sehingga data yang dikumpulkan berkualitas dan lengkap.
Dukung dan Sukseskan Survei Disagregasi PMTB
Jumlah sampel Survei Disagregasi PMTB yang massive serta manfaat dari survei ini yang juga besar, maka sudah sepatutnya kita mendukung kegiatan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB ini bersama. Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Survei Matrik PMTB, dimohon dukungan dari banyak pihak terkait, untuk memberikan data yang akurat dan valid, karena data yang akurat berpengaruh pada prospek investasi. Sehingga nilai investasi di suatu wilayah dapat tersedia secara agregat dan dapat dipergunakan sebagai bahan analisis dan pengambilan kebijakan bagi pemerintah pusat maupun daerah. Untuk Anda yang terpilih menjadi sampel nantinya, jawaban Anda sangat berarti dalam menentukan kebijakan pemerintah kedepan. Mari Bersama Kita Dukung dan Sukseskan Survei Disagregasi PMTB! Investasi tercatat, Ekonomi menguat, Kesejahteraan meningkat.

Tidak ada komentar: