Sabtu, 22 Januari 2011

Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin Solo Putri

detail alis & mata harus diperhatikan
My mom is a ""Perias Pengantin""... dan aku putrinya yang kedua nampaknya memiliki hobby dan bakat yang menurun dari Ibunda, sering ikut jika Ibunda dapat job merias pengantin, jadilah aku bisa merias juga kaaan... mulai dari merias wajah dengan gaya yang lembut, eksotik, anggun, cuantiq, ayu, sampai pada tata rias menor kayak ledek, ha ha, iya untuk para penari memang harus dirias dengan dandanan yang mencolok, tapi tetap harus cantik...ya kan ya kan...
seiring dengan berjalannya waktu, aku mulai sibuk dengan kegiatanku sebagai PNS BPS, sehingga aku jarang ikut kegiatan Ibunda, kecuali di hari libur, Sabtu Minggu atau tanggal merah, pokoknya pada saat aku bisa ikut aku akan ikut... Nah nah, pada suatu hari, wiiiy kayak dongeng aja ya... pada waktu itu tepatnya pada pertemuan HARPI, akan diselenggarakan Uji Kompetensi Tata Riass Pengantin Solo Putri di wilayah Kabupaten Kendal, waktu itu Ibunda yang hadir dan tanpa dinyana dan diduga aku langsung didaftarkan sebagai peserta Uji Kompetensi, melalui sms beliau memberitahukannya padaku, olala bibeh, gimana niiiiy,,,,
menggambar dahi
panik juga ya, kalo sekedar make up dan sanggul ya okelahyaw, tapiiiii, khaaaaan,,,,
ada ujian tertulis perihal upacara adat, seni merias,warna warna trend make up, istilah istilah, seperti ngudup  turi, bawang sebungkul, keprabon, pangeranan, melati tibo dodo, sunduk mentul, juga ketrampilan membuat keris, burung, payung dari janur, sampai dengan tata urutan upacara adat,,, hadoooo, bagimana ini...
jadilah aku browsing kesana kemari hingga kursus kilat, super kilaaat deh pokoknya, 2 minggu boooow, harus belajar kilat tentang Pengantin Solo Putri, semuanyaaaaaa...

tanggal 23 Desember 2010, pelaksanaan Uji Kompetensi di Salsabil Kendal, aku dapat nomor 10 waktu iti ada sekitar 80 an peserta, ada 2 kategori, yaitu Pengantin Solo Puti dan Paes Ageng, tertarik juga ya sama paes ageng, tapi mungkin suatu hari  nanti deh aaaah...
pukul 08.00 pembukaan oleh panitia, telah hadir juga para juri dari Semarang
pukul 08.00-10.00 ujian tertulis, cek point
pukul 10.00-13.00 ujian praktek merias pengantin adat Solo Putri, lengkap mulai dari wajah, rambut hingga berbusana beludru hitam, kain jarik sidomukti dll, lengkap kap ...
pukul 14.00 tuntas semua acara dan pengumuman Kompetensi oleh Ibu Ketua, hasilnya ada 2 orang yang nnilainya rendah, kurang berkompetens, yang pasti bukan aku donk...
Alhamdulillah aku lulus uji kompetensi dan berhak mendapat Sertifikat..
Jadi mulai sekarang sudah percaya diri kan sudah punya sertifikat, he he :)

Now... I am is a ""Perias pengantin"" too

we he he he... bangga niy...

Tidak ada komentar: