Sabtu, 21 Juli 2018

MARI MENG"UBIN"

     Kegiatan survei Ubinan ini sejatinya sudah terlaksana sejak bertahun tahun yang lalu. Dalam praktek lapangan, petugas diajarkan secara turun temurun teknis pelaksanaannya dari para senior.. Nah supaya petugas survei ubinan paham teori dan praktek ubinan, maka pada Kamis-Jumat tanggal 19-20 Juli 2018, Bps Kabupaten Kendal menyelenggarakan pelatihan Survei Ubinan Tahun 2018, bertempat di Hotel Saeinn Kendal.
      Tidak dapat dipungkiri bahwa peran sektor tanaman pangan sangat penting dan strategis dalam perekonomian yaitu dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. informasi penting yang dibutuhkan dalam perhitungan produksi tanaman pangan adalah hasil per hektar yg dikumpulkan melalui survei ubinan.
       Urgensi survei Ubinan adalah memperoleh informasi produksi tanaman pangan (padi dan palawija) yg akurat dan menggambarkan kondisi terkini.

Selama 2 hari peserta diajarkan teori dan praktek ubinan. 
     Hari pertama teori, pengertian, tujuan, metodologi, konsep dan definisi. Hari kedua praktek langsung di area persawahan di kecamatan Brangsong Kendal dengan panen jagung dan padi. 
Terlihat area Brangsong yang hijau, kuning dan biru (petugas) tampak kontras dan indah. Petugas praktek langsung teknik ubinan yang sudah diajarkan step by step hingga paham betul cara mengubin yang benar. Dari kegiatan ini diharapkan data yang dikumpulkan adalah sesuai kondisi real di lapangan..

Tidak ada komentar: